Pabrik Batik

Pabrik Batik
Pabrik Batik

Pabrik Batik

Artikel ini kami berikan judul Pabrik Batik. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera dan selamat pagi, siang, sore, serta malam untuk para pembaca artikel Anzirah Batik. Berjumpa kembali tentunya bersama kami dalam artikel Anzirah Batik yang akan mencoba membahas hal-hal yang berhubungan dengan batik printing. Dalam website kami ini, anda dapat menemukan penjelasan lengkap seputar hal khusus mengenai pemesanan batik ataupun hal yang bersifat pengetahuan umum mengenai batik.

Kami menyarankan anda untuk melihat-lihat terlebih dahulu juga ke setiap halaman yang ada pada website ini. Pada website ini kami menampilkan gambar serta video yang mungkin juga menjawab pertanyaan yang anda ingin tanyakan kepada kami. Semua ini Kami lakukan agar para pelanggan kami betah untuk membuka website kami ini. Selain itu kami juga mencoba memberikan pelayanan atau nilai lain yang pelanggan dapat temukan setelah membuka website kami. Kami berharap agar pelanggan kami dapat puas dalam segi pelayanan maupun hasil produksi batik yang kami lakukan. Anda dapat melihat hasil jadi batik kami dengan klik link Desain.

Artikel yang kami tuliskan pun berupa macam nya. Pertama artikel yang kami tuliskan ada yang berbentuk artikel inti. Artikel inti adalah artikel yang mencoba memberikan penjelasan lengkap mengenai beberapa hal utama dalam pemesanan batik. Selain itu ada artikel kami yang membahas mengenai penjelasan khusus atau perpanjangan dari artikel inti kami. Anda pun dapat membaca mengenai pembahasan lengkap mengenai desain batik, dengan klik link Penjelasan Lengkap Desain Batik

Cetak Batik

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan mengenai metode produksi batik, ada baiknya kami sebagai Pabrik Batik berkualitas menjelaskan latar belakang mengenai sejarah batik Indonesia. Batik tadi nya adalah pakaian yang hanya pihak kerajaan dan pengikut nya saja yang memakai nya. Namun lama kelamaan batik akhir nya juga dipergunakan oleh masyarakat yang ada di luar kerajaan. Kemudian batik menjadi salah satu pakaian yang masyarakat perdagangkan. Batik saat itu cenderung identik dengan pekerjaan para wanita yang mengisi waktu kosong. Bahkan ada sumber yang mengatakan juga bahwa pekerjaan membatik adalah pekerjaan yang petani lakukan pada saat musim kemarau tiba.

Pekerjaan membatik kala itu memang membutuhkan bantuan panas matahari dalam proses pengeringan batik, bahkan sampai sekarang. Sehingga masih masuk akal apabila pekerjaan membatik adalah pekerjaan yang petani lakukan pada saat musim kemarau tiba. Seiring dengan berkembangnya zaman, maka muncul juga batik cap. Batik cap adalah proses membuat batik yang metode mencetak motifnya menggunakan tembaga yang sudah dibentuk motif. Kemudian mencelupkan tembaga tersebut pada malam yang sudah panas, lalu mencap nya ke permukaan kain.

Dengan berkembang nya zaman, permintaan pasar akan batik semakin banyak, bahkan ada permintaan dari luar negeri. Apabila pengerjaan membatik hanya ada metode batik tulis dan batik cap, maka tidak akan keburu dari segi waktu untuk memenuhi permintaan yang ada. Kemudian tercipta lah batik printing.

Mengapa Anda Perlu Mengetahui Metode Produksi Batik?

Hal yang pertama akan kami jelaskan pada sub bagian ini adalah agar anda mendapatkan batik sesuai dengan keinginan anda. Terkadang ada pelanggan yang ingin memesan batik, namun memiliki proses produksi yang berbeda dari yang kami dapat kerjakan. Proses yang kami kerjakan adalah proses batik printing, baik secara manual maupun secara mesin. Terkadang ada pelanggan kami yang ingin membuat batik namun dengan menggunakan bahan yang kami tidak miliki. Hal ini tentunya berhubungan juga dengan metode produksi batik. Setiap bahan batik yang memiliki material berbeda, maka proses produksi nya juga dapat berbeda jauh. Anda dapat membaca dengan lengkap pembahasan kami mengenai Jenis Bahan Baku Kain Batik dengan klik Penjelasan Lengkap Jenis Kain Batik

Selain itu, perbedaan bahan baku dan perbedaan metode produksi akan membuat hasil akhir batik memiliki sifat yang berbeda. Salah satu contohnya adalah apabila anda memberikan batik dengan bahan katun 100 persen dan produksi nya menggunakan metode pigmen. Apabila kami memproduksi nya dengan proses reatif dan dengan bahan yang sama, maka nanti nya hasil akan berbeda dari segi warna. Hal tersebut karena perbedaan proses produksi yang terjadi. Untuk itu lah anda perlu mengetahui jenis-jenis produksi apa saja yang ada pada pembuatan batik.

Berapa Lama Proses Produksi Batik?

Jangka waktu proses produksi batik bergantung dari beberapa hal. Mungkin pelanggan kami banyak yang mengira bahwa proses produksi suatu batik hanya mencakup proses sablon hingga dengan proses batik selesai dijemur saja. Kami sebagai pabrik batik yang berkualitas, melihat nya bukan demikian. Pada saat batik sudah kami lakukan proses desain, maka kami sudah menyebutnya proses produksi batik. Karena alur sebuah pemesanan batik berawal dari proses desain dan proses desain pun dapat berpengaruh nanti nya terhadap produksi teknis sebuah pesanan batik. Sehingga kami, sebagai Pabrik Batik Berkualitas, memasukkan proses desain sebagai salah satu proses produksi batik juga. Anda dapat melihat penjelasan lengkap mengenai Alur Pemesanan Batik dengan klik link Penjelasan Lengkap Alur Pemesanan Batik

Pemesanan Hanya Kain Batik Saja

Apabila anda hanya memesan batik dalam bentuk kain saja, maka waktu pengerjaan adalah 1 bulan setelah dp dibayarkan dan juga patokan warna, serta desain batik kita sepakati bersama. Namun jika pesanan anda termasuk ke dalam pesanan yang banyak seperti pesanan sekitar 1.000 yard, maka ada kemungkinan kami meminta waktu tambahan sekitar 2 minggu. Selain itu waktu tambahan sebanyak 2 minggu kami juga akan coba sampaikan kepada anda apabila musim sudah masuk ke dalam musim penghujan. Karena proses pengeringan masih bergantung pada panas matahari, apabila batik kami kerjakan dengan metode manual.

Pemesanan Dalam Bentuk Baju

Jika pesanan anda dalam bentuk baju, maka normal nya waktu pengerjaan adalah 1 bulan setengah setelah dp dibayarkan dan juga patokan warna, serta desain batik sudah kita sepakati bersama. Namun jika pesanan anda termasuk banyak, maka ada kemungkinan kami akan meminta waktu tambahan. Begitupula apabila musim sudah masuk ke dalam musim penghujan. Waktu tambahan yang kami minta kepada anda akan kami sampaikan saat anda awal pesanan anda lakukan. Anda dapat melihat proses produksi batik kami agar lebih memahami isi dari artikel ini dengan klik link produksi.

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Produksi Batik

Sebelum anda memesan batik, ada baik nya anda mengetahui beberapa hal mengenai produksi batik. Sehingga nanti nya tidak ada miskomunikasi terjadi. Kami pun selalu memberitahu hal-hal yang perlu pelanggan perhatikan pada saat bertemu. Kami Juga akan memberikan panduan mengenai perawatan batik berbarengan dengan batik pesanan anda. Semua ini kami lakukan agar pelanggan kami dapat lebih mengetahui mengenai batik pesanan nya. Kami berharap dengan pelayanan yang baik dapat memberikan kesan yang baik pula pada pengalaman pelanggan kami memesan batik.

Cetakan Batik Pada Proses Manual

Pada hasil batik dengan proses manual, hasil akhir tidak akan sempurna nyaris 100 persen rapih seperti proses mesin. Akan ada sedikit motif yang tercetak kurang sempurna. Namun jangan khawatir, ini hanya terjadi pada saat awal proses cetak sablon terjadi saja. Karena pada proses manual ada hal yang tidak bisa kami hindari saat menggunakan tenaga manusia, berbeda dengan proses mesin yang mencetak motif dilakukan oleh mesin.

Penyusutan Bahan Setelah Proses Produksi

Kain batik yang telah kami proses akan sedikit mengalami penyusutan bahan yang terjadi karena ada nya proses penyablonan, pencucian, dan pengeringan. Jumlah penyusutan yang terjadi bergantung pada jenis bahan katun apa yang anda pilih. Karena bahan katun memiliki konstruksi bahan yang berbeda-beda maka jumlah penyusutan pun akan berbeda. Apabila bahan yang anda pilih adalah prima mesres yang memiliki konstruksi bahan 90/70 maka penyusutan yang terjadi akan sedikit lebih banyak daripada bahan primisima yang memiliki kerapatan konstruksi bahan 133/72. Pada bahan prima mesres penyusutan bahan akan terjadi sekitar 1% dan pada bahan berkolin serta bahan primisima adalah kurang dari 1%.

Pelunturan Warna Pada Saat Pencucian

Apabila anda memesan batik yang tercetak pada bahan katun 100 persen dengan proses reatif, maka pada pencucian pertama batik masih akan melunturkan warna dan obat berlebih. Jangan khawatir, yang dilunturkan hanyalah warna dan obat berlebih saja. Motif tetap aman dan cenderung sedikit lebih cerah setelah proses cuci anda lakukan.

Warna Pada Kain

Batik yang akan anda cetak haruslah memiliki patokan warna yang jelas. Apabila anda sudah pernah memesan batik sebelumnya, maka batik tersebut dapat kami gunakan sebagai patokan warna. Hal tersebut adalah hal terbaik dalam segi patokan warna yang akan kami produksi nantinya. Apabila pelanggan belum pernah memesan batik, maka pada saat pemilihan patokan warna dapat berdasarkan katalog warna yang kami miliki.

Namun warna yang akhir yang nanti kami produksi tidak dapat 100 persen sama persis dan tidak ada beda. Perbedaan warna pastilah ada, apalagi pada proses manual. Namun perbedaan nya tidak akan jauh. Kesamaan warna akan akurat sekitar 90 sampai 95 persen. Sebagai Pabrik Batik berkualitas kami akan selalu mencoba membuat batik pesanan pelanggan dengan semaksimal mungkin.

Penjelasan Produksi Batik Bahan Katun 100 Persen

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa perbedaan jenis kain dapat berpengaruh terhadap jenis produksi sebuah batik. Kemudian sifat dari bahan batik pun memiliki perbedaan. Pada bagian ini kami akan mencoba menjabarkan dan menjelaskan mengenai produksi batik berdasarkan jenis kain agar pelanggan juga lebih dapat mengetahui mengenai batik pesanan nya.

Proses Reatif

Pada produksi batik bahan katun 100 persen, kami sebagai Pabrik Batik Berkualitas, membedakan metode nya menjadi 2, yaitu : reatif dan juga pigmen. Pada bagian ini akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai proses reatif. Proses reatif adalah proses yang lengkap dari sebuah pesanan batik. Proses ini mematangkan warna dengan memberikan obat pada saat batik melalui proses cuci dan juga harus melalui pengeringan dengan bantuan matahari.

Hasil dari proses reatif adalah cenderung warna lebih kalem daripada proses pigmen. Hal ini terjadi karena cat atau tinta pada proses reatif akan masuk meresap ke dalam kain. Pada proses reatif juga nanti nya pada pencucian pertama masih akan melunturkan warna dan obat yang berlebih. Pada kain hasil jadi setelah melalui proses reatif akan jauh lebih halus daripada kain katun 100 persen yang melalui metode produksi pigmen.

Proses Pigmen

Proses ini adalah proses yang kurang lengkap dari proses reatif. Setelah proses sablon, pada proses reatif mematikan warna langsung dapat kami lakukan. Hal tersebut adalah dengan memberikan obat dan juga memanaskan kain batik dengan bantuan oven. Tidak seperti proses reatif, pada proses pigmen tidak memerlukan bantuan panas matahari, sehingga proses pengerjaan dengan metode pigmen cenderung lebih cepat.

Warna yang terpancar dari batik hasil metode produksi pigmen akan cenderung lebih cerah, karena pada proses ini cat atau tinta hanya menempel pada permukaan saja dan tidak masuk ke dalam kain. Hal ini juga lah yang menyebabkan hasil proses ini tidak sehalus proses reatif. Karena warna hanya menempel pada permukaan saja, ketahanan batik metode pigmen cenderung tidak begitu lama bisa bertahan.

Rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua proses tersebut akan kami rangkum pada paragraf selanjutnya. Hal ini agar anda dapat langsung mempertimbangkan untuk memesan batik dengan proses pigmen atau proses reatif. Sebagai Pabrik Batik yang berkualitas kami ingin agar pelanggan kami mengerti mengenai proses pada batik pesanan nya.

Kelebihan Proses Reatif Terhadap Proses Pigmen / Kekurangan Proses Pigmen Terhadap Proses Reatif

Pada proses reatif kelebihan yang pertama dapat terlihat dari kehalusan. Pada proses reatif tinta atau cat telah terproses masuk meresap ke dalam kain. Selain itu proses ini juga melalui proses pencucian dan pematangan warna berbarengan dengan itu. Berbeda dengan proses pigmen yang hanya menempelkan cat atau tinta pada permukaan batik saja.

Kelebihan yang kedua adalah mengenai ketahanan motif. Pada proses reatif cat atau sablon terproses masuk ke dalam kain, berbeda dengan pigmen yang hanya menempelkannya pada permukaan kain. Hal ini menyebabkan ketahanan pada proses reatif jauh lebih awet daripada proses pigmen.

Kelebihan Proses Pigmen Terhadap Proses Reatif / Kekurangan Proses Reatif Terhadap Prose Pigmen

Pertama kelebihan dari proses pigmen adalah dari kecerahan warna. Karena cat atau tinta hanya menempel pada permukaan kain, maka warna akan tertumpuk pada permukaan kain. Sehingga menyebabkan warna pada proses pigmen akan lebih cerah dan pekat, berbeda dengan proses reatif yang warna nya meresap ke dalam kain dan menghasilkan warna yang cenderung kalem.

Kedua kelebihan dari proses pigmen adalah dari waktu produksi. Jangka waktu produksi proses pigmen lebih sebentar dariapda proses reatif. Hal ini terjadi karena proses pigmen menggunakan oven sebagai metode untuk mematangkan warna dan juga pengeringan nya. Berbeda dengan proses reatif yang harus menyesuaikan panas matahari secara alami.

Bahan Katun 100 Persen Proses Mesin

Proses pembuatan batik printing pada bahan 100 persen dapat terbagi menjadi 2 hal, yaitu : proses mesin dan proses manual. Pada bagian ini yang akan saya jelaskan adalah proses mesin terlebih dahulu. Proses mesin adalah mencetak batik dengan menggunakan cetakan yang nanti nya mesin lah yang akan melakukan proses penyablonan dan pemindahan cetakan. Sehingga pengerjaan akan sangat rapih. Proses ini memiliki syarat minimal pemesanan sebanyak 1.500 yard.

Bahan Katun 100 Persen Proses Manual

Proses manual adalah proses pembuatan batik printing yang menggunakan tenaga manusia pada saat proses penyablonan dan pemindahan cetakan. Proses ini memiliki syarat minimal pemesanan sebanyak 200 yard.

Kelebihan Proses Mesin Terhadap Proses Manual / Kekurangan Proses Manual Terhadap Proses Mesin

Kelebihan yang pertama pada proses mesin adalah pengerjaan yang sangat rapih. Karena pengerjaan yang melakukan adalah mesin, maka hasil nya pasti lebih rapih daripada proses yang dilakukan oleh manusia. Tenaga dan juga pergerakan pada mesin adalah konstan, hal ini pula yang membuat proses mesin memiliki hasil yang sangat rapih. Berbeda dengan proses manual yang pemindahan cetakan dan juga proses sablon nya oleh tenaga manusia.

Kedua, apabila batik melalui produksi mesin, maka tidak akan terjadi pelunturan warna pada saat pencucian pertama. Karena pada proses mesin kain sudah melalui proses yang sedemikian rupa yang memiliki beberapa perbedaan dengan proses produksi manual.

Kekurangan Proses Mesin Terhadap Proses Manual / Kelebihan Proses Manual Terhadap Proses Mesin

Pada proses mesin, kekurangan nya menurut kami hanya pada masalah minimal pemesanan. Pada proses mesin minimal pemesanan adalah 1.500 yard. Berbeda dengan proses manual yang memiliki minimal pemesanan sebanyak 200 yard.

Penjelasan Produksi Bahan TC

Pada bahan TC, metode produksi yang bisa dilakukan hanyalah metode pigmen. Metode pigmen adalah proses pembuatan batik dengan menempelkan cat atau tinta hanya pada permukaan saja. Karena bahan TC memiliki campuran plastik, maka cairan hanya dapat menempel saja dan tidak dapat meresap ke dalam. Hal ini tentunya akan membuat warna berkumpul dan menempel pada permukaan kain saja dan menghasilkan warna yang cenderung pekat dan lebih cerah. Pemesanan pada bahan ini memiliki syarat minimal pemesanan sebanyak 200 yard.

Penjelasan Produksi Bahan SIlky

Pada proses silky, metode pengerjaan sablon nya tetap kami lakukan dengan manual. Proses penyablonan dan juga perpindahan cetakan kami lakukan menggunakan tenaga manusia. Namun cat atau tinta yang kami gunakan pada proses ini memiliki dasar minyak. Hanya saja proses mematangkan warna nya menggunakan mesin yang mana proses tersebut bernama proses diskes. Tinta atau cat nanti nya akan menempel pada kain silky dan menghasilkan warna yang mengkilap, karena tinta terbuat dari bahan minyak. Minimal pemesanan pada bahan silky adalah 1.000 yard.

Produsen Batik

Sampai sini kami akhiri artikel Pabrik Batik ini. Semoga apa yang sudah kami jelaskan dapat berguna khusus nya untuk anda para pelanggan kami yang ingin memesan batik dan juga untuk anda yang hanya ingin mengetahui informasi mengenai batik printing. Kami berhadap pula dengan ada nya artikel ini dapat membantu menjaga kelestarian batik dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat Indonesia mengenai salah satu jenis batik, yaitu batik printing. Anda dapat menghubungi kami secara langsung melalui hubungi kami. Anda dapat melihat rangkuman bagaimana cara pemesanan batik dengan klik link Cara Pemesanan. Kemudian jika anda tertarik, anda dapat melihat usaha kami yang lain goodybag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme: Overlay by Kaira Konveksi Batik
Jalan Puring Mas Raya, Blok C 15 Nomor 6, Villa Pamulang Mas, Pamulang, Tangerang Selatan
2038